12 Juni 2010

Kesederhanaan dalam Kegemerlapan

Ojo lali yoh...skuteng simpang Patal yoh

Warung skuteng yang sangat sederhana ini terletak dipusat kota Palembang yg super sibuk. Disini Jangan mengharapkan Pelayannya melayani lu dengan S.O.P layaknya sebuah cafe di Mal-Mall loh..!
Cukup dateng (tentunya dengan uang donk), parkirin motor yg rapih terus duduk dan pesen menu kesukaan elu..that it’s..!
Ntar ada Mbak yu (begitu biasanya aku memanggilnya) yg nanyain lu mau makan apa? Tunggu bentar dan tadaaaa jadi dech makan malem sederhana ditengah kesibukan kota Palembang.
Skuteng Ojo lali, yah itulah sebutannya (menurut spanduk butut yg aku baca di sana), menunya cukup sederhana, hanya ada Telor ayam kampung setengah mateng, Mie ayam, Mie goreng, Nasi goreng, Kerupuk rambak, Bandrex dan Skuteng tentunya.
Menu favoritku adalah Telor ayam kampung setengah mateng 2 biji, Es susu dan Mie ayam yg menurutku tiada duanya di Palembang, seumur2 makan baru disinilah gw mengakui kelezatan masakannya, perlu diketahui bahwa gw orang yg sangat rewel terhadap rasa dari suatu masakan dan gw sangat jarang memuji seorang juru masak...bagi gw rasa adalah nyawa dari cita rasa segala masakan
Back to topic...Tebak siapa yg punya usaha kecil yg dahsyat ini, pasti gak tau...hehhee, gw kasih story dikit mengenai pemiliknya...
Namanya Minto, nama lengkapnya gw gak tau sapa (bisa jadi suminto atau Paijo), orangnya kecil, item dan selalu berpakaian rapih, gw suka manggil dia Kiting karna rambutnya emang kriting kayak mie ayam...hehehe
Doski mulai buka usaha ini lebih kurang 20 tahun yg lalu, kini doi dah punya 4 cabang dikota Palembang yg dikelola oleh Saudaranya semua (tapi gw gak rekomended yah, soalnya semua cabangnya dah gw cobain smua tapi gak enak masakannya)..
Berkat keuletannya (yg bentar lagi jadi kepompong hehehe) Doi kini gak cuma bisnis di Skuteng ini doang tapi dah merambah ke bisnis jual beli rumah dan bahkan mobil...! (fiuh..untung gak bikin EO juga dia)
Gak percayakan? Makanya jgn nilai seseorang itu dari tampilannya doang, meski si Minto Item, kriting dan idup tapi otaknya jalan.
Dulu doi kalo malem mingguan jalan kaki, kini dah ada 3 mobil yg ready nganter dia kemana aja (kadang tuh mobil di rentalinnya), meski sukses dengan usahanya, dia tetep rendah hati dan gak Ngeboss, dia masih sering ngelayani pesenan tamu baik itu bikin skuteng ataupun bikin mie ayam.
Perlu dicatet, gw menjadi pelanggan dia udah sejak 10 tahun yang lalu, mulai dari gw bujangan, pacaran, kawin bahkan hingga gw punya anak dua seperti saat ini (hingga saat ini aku dan istri suka bernostalgia disini terutama ketika tagihan kartu kredit dah membengkak), gak kerasa cerita mengenai Skuteng Ojo lali telah turut mewarnai perjalan hidupku, banyak pertemuan dgn relasiku yg menghasilkan puting eh pundi2 berangkasku dari sini, biasanya relasi yg dah deket dan easy goinglah
Kedekatan aku dengan Minto dan pegawainya tidak hanya sebatas Penjual dan Pembeli doang, ketika aku nikah mereka dateng rame2, ketika mereka pulang mudik lebaran mereka selalu membawa oleh2 buatku atau ketika dirumahnya sedang ada “kondangan” gw pasti dateng...
Kerjakeras dan Kesederhanaan membuat Skuteng Ojolali pantas diberitakan di Blog gw, www.meletekdewek.co.nr ini....

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini adalah blog Dofollow, tinggalkan pesan disini untuk mendapatkan Backlink...