09 Desember 2012

Tips dan trik berjualan di Internet

Ada jutaan tips dan trik yang beredar didunia maya ini agan, tapi gak ada satupun yang menurut gw bener-bener ngajarin secara tuntas dan detil, terkesan hanya setengah-setengah.
Banyak trik kecil yang sederhana namun diabaikan oleh mereka para motivator-motivator untung eh ulung itu, yah apa karena gw belon ketemu aja kali yah?

Nah, mukadimah diatas sebetulnya hanya uneg-uneg gw saat memulai bisnis online, ketika searching di mbah google emang ada beberapa tips yang gw ambil serta gw jalanin dan terbukti bermanfaat, namun tak ada satupun mereka mengulas soal bagaimana cara berjualannya itu sendiri..hayoo pusingkan? nah daripada pusing, gw akan bercerita berdasarkan pengalaman gw apa adanya, gak ditambahin atau dilebihin....cekidbrud agan

1. Call Sign
Sering denger pedagang baik online ataupun konvensional menyebut anda sebagai konsumen dengan sebutan "Boss"? atau lebih parah lagi mereka manggil kita "Bossku". Apa yang ada dibenak saudara-saudaraku sekalian sebangsa tanah dan sebangsa air?
Udah jelas pasti kita mikirnya, buset nih pedagang nyari muka sampe segitu merendahkan dirinya....iya nggak? nah secara psikologis kita sebagai konsumen akan merasa diatas angin, menjadi bawel dan menawar seenak perutnya aja...
Barang dagangan elu kemungkinan besarnya akan terjual, tapi dengan harga diri yang ikut tergadai...hiks
Goal seorang marketing bagi gw bukanlah terletak pada hasil dan nominal yang bisa dicapainya, namun lebih kepada bagaimana seni yang dia perankan sehingga terlihat elegan dalam berjualan, ingat, anda bisa menjual sepotong roti seharga seribu perak atau seharga 150 juta...!
Jadi sebaiknya biar terlihat elegan serta masih bisa enak didenger oleh konsumen, sebaiknya panggilah mereka dengan sebutan "Agan" atau "om" atau cukup dengan "Mbak" aja. Elu akan terlihat lebih ekspert ketimbang elu jualan dengan cara merendahkan diri elu sendiri.

2. Website VS Twitter VS Tokobagus VS Facebook
Hayoooo pasti pada jawab Website yang jadi syarat paling utama sebuah Toko Online....
Sebetulnya sih semua elemen diatas sangat berguna untuk menjalankan sebuah toko online, namun mana yang jadi Prioritas itu yang lebih penting lagi, sekarang gw bahas satu persatu media online tersebut sesuai dengan apa adanya, berikut penjabarannya :
Website : Karena image di masyarakat tentang toko online adalah sebuah website, maka mau gak mau elu juga harus punya website, website toko online elu sebaiknya pake domain berbayar, beli domain murah disini aja : http://www.meletekdewek.com/2012/10/tips-beli-domain-murah.html
Tapi jangan berharap banyak dengan penjualan dari website, gw aja yang toko onlinenya SEO Friendly, terus udah banyak tertaut dengan kata kunci di Google sehingga jika elu ketikan "cincin batu mulia Palembang" maka www.vallenciagemstone.asia berada di halaman pertama di index oleh google tapi hasil penjualan dari website NIHIL.
Twitter : Akun twitter ini tertaut dengan 4 facebook jualanku, sehingga ketika aku mengupdate status di fb maka otomatis akan di tautkan juga sebagai update di twitter, dengan follower 500 an dan segmennya gak jelas maka penjualan dari akun twitter adalah Satu orang doang
Tokobagus : Dengan status akun Verified member di toko bagus gw berharap bisa dapet Trust dari calon konsumen, ternyata tidak, setelah pajang 2 bulan penjualan masih nihil, setelah koreksi diri ternyata ada dua kesalahan penting postinganku di tokobagus tidak juga dilirik orang, yang pertama soal harga, ini penting loh, sebelum lu memutuskan untuk memasang harga sebaiknya kamu riset dulu harga produk yang sama di tokobagus, tekanlah harga lu seminimal mungkin, sukur-sukur lu bisa dilirik oleh reseller. dan yang terakhir adalah Keyword dari judul postingan elu harus komplit dan mengena dengan apa yang elu jual.
Facebook:  Inilah rajanya media jualan online yang sangat efektif, karena pengguna facebook di dunia tetap yang terbanyak dan selain itu lu bisa langsung berinteraktif dengan calon konsumen elu, dan inget jangan jadikan fb elu sebagai etalase, sebaiknya rasio update status dengan jualan adalah 4:1 artinya 4 kali update status info mengenai tips barang dagangan elu dan 1 kali lu ngupdate status yang berisikan barang dagangan elu.

3. Cepat Tanggap
Penting sekali bahwa anda harus membalas sms, chat atau mengangkat telpon dari orang sesegera mungkin, jangan manyun kalo orang sekedar bertanya aja, layanilah semuanya sama tanpa ada skala prioritas, bukannya berbagi itu Indah?

4. Masa pengiriman Barang
Mengirimkan barang dagangan elu sesegera mungkin kepada pembeli yang telah mentranssfer uang adalah prioritas utama dan gak boleh ditunda namun ada satu hal lagi yang sangat penting, setelah lu dah kirim paket, sebaiknya informasikan kepada pembeli nomor resi pengirimannya. Kemungkinan waktu yang diperlukan barang pesenan sampe di tangan pembeli adalah sekitar 3-4 hari, nah dimasa itu juga elu penting sekali sms pembeli walau sekedar say Hi aja, karena kenapa? agar pembeli gak ngerasa cemas apakah dia telah membeli barang dari seorang penipu, biar dia gak khawatir barang beneran dikirim apa nggak, biasanya kalo penipu itukan kalo dah ditransfer duit yah gak bisa di hubungi, di sms atau akun fb kita di blok dll. Dan tak lupa pula tanya kedia apakah barang sudah sampe apa belum setelah 3-4 hari kita mengirim barang, dan jika belum juga sampe, segeralah kita melacak kiriman paket kita serta bila perlu tanyakan langsung ke perusahaan jasa pengiriman barang tersebut, jangan dicuekin konsumennya bengong sendiri.

Kayaknya segini aja dulu yak, ntar tak pikir lagi apa yang masih Missed....

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini adalah blog Dofollow, tinggalkan pesan disini untuk mendapatkan Backlink...