28 Januari 2008

Sejarah...penting gak sih?

menurut hemat saya, menanyakan antara penting gak pentingnya sejarah yah tergantung dari siapa yang memandang, kalo yang memandangnya seorang budayawan yah pentinglah tapi kalo yang memadangnya seorang amier....wekekekke....gak tau dech...
But sejarah merupakan senjata ampuh bagi para politikus untuk berkuasa dan mengambil simpatik dari masyarakat luas, lihat betapa suksesnya Bu Mega dengan sejarah kelamnya di era ORBA, lihat betapa suksesnya karier seorang soeharto dgn hanya bermain2 dengan sejarah....tapi terlepas dari semua itu saya menarik kesimpulan bahwa sejarah adalah siapa yang sedang memimpin....
Kembali kekehidupan saya, menurut saya pelajaran sejarah yang telah saya pelajari habis2an sewaktu sekolah dulu terasa sangat sia2 dan hanya memakan waktu saya saja. betapa tidak, baru sehari saya belajar tentang "SUPERSEMAR" eh tiba2 besoknya sejarah itu diputuskan rancu....
Satu hal lagi, Saya sangat tidak sependapat dengan pelajaran sejarah yang mengharuskan kita untuk menghapal hari, bulan, tahun dan lokasi sebuah peristiwa...com'on...coba bayangkan, dari tahun 1945 saja hingga tahun 2008 sekarang, coba hitung ada berapa puluh tahun yg telah kita lalui, ada berapa ratus bulan, ada berapa ribu hari, ada berapa juta peristiwa di berapa juta lokasi yang terjadi, Siapa yang bisa menghapal semua itu?
makanya pada saat Ebtanas SD dulu keluar pertanyaan yg bunyinya kira2 seperti ini, tanggal sekian, bulan sekian dan tahun sekian peristiwa apa yg telah terjadi? dan jawaban saya dilembar jawaban Ebtanas adalah "Yang Lalu Biarlah Berlalu" (ini benar2 saya lakukan pada Ebtanas Saya).
Terus berlanjut lagi di Ebtanas SMP keluar pertanyaan yg modelnya macem gitu, dan kali ini jawaban saya adalah "Sorry pada saat itu saya belum lahir, jadi saya tidak tahu menahu, yg jelas bukan saya pelakunya"
Berlanjut di Ebtanas SMU, eh sama juga...dan jawaban saya kali ini adalah " hanya Tuhanlah yang tahu"
Celakanya lagi pas di Kuliah ketemu juga, walau saya kuliah di Jurusan Komputer Terpadu, tapi heran banget pertanyaan seperti itu keluar lagi namun kali ini mengenai Microsoft...dan jawaban Saya adalah......"Googling ajah"....
Tapi herannya, sewaktu di SMU saya pernah 2 cawu mendapatkan nilai sempurna angka 9 untuk pelajaran sejarah di raport saya, dan menjadi lulusan terbaik dari bidang IPS kala itu...oh Tuhan....


*semua yang saya ceritakan apa adanya dan benar2 saya lakukan pada Ebtanas saya....Sungguh

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini adalah blog Dofollow, tinggalkan pesan disini untuk mendapatkan Backlink...