23 Mei 2009

Nanggepin iklan Telkom telpon rumah....

Semalem abis pulang kerja, dengan bermodal rokok sebatang plus kopi susu bikinan bini....gw duduk didepan teras rumah sambil baca koran...(koran pagi yg dibaca malem hari)...
nah pas gw buka2...eh sampelah gw ke iklan Telkom telepon rumah....sayang gak gw scan iklannya...
gw mikir sekuat tenaga untuk mengartikan iklan tsb...semakin gw pikir semakin gw ngences.....
sumpah gw gak ngeh maksud dari iklan itu....gambarannya gini...
ada bendera merah putih berkibar sebagai backgroundnya...terus ditengahnya ada tulisan "TELEPON RUMAH....JATI DIRI BANGSA"...............what the fuck...?
pertama....Telkom harus hati2 menggunakan merah putih sebagai background...terlebih lagi menambahkan tulisan ditengah2nya....gw seorang Paskibra...dipendidikan Paskibra dolo ada sebuah rules mengenai Bendera....lebih kurang gini...."Segala sesuatu, baik dalam bentuk kain berkibar ataupun tercetak dalam media apapun dan berbentuk bendera merah putih atau menyerupai bendera merah putih, maka hal itu disebut dengan Bendera atau emblem merah putih....." terus ada lagi tambahannya...."Tidak diperbolehkan menulis, atau menambah gambar atau objek apapun didalam media bendera merah putih dalam alasan apapun..."
itu udah sebuah kesalahan designer iklan Telkom bagi gw...
Terus yang kedua.....Tidak ada Relevansinya antara Jati Diri Bangsa dengan Telepon rumah....Jati diri adalah sebuah ciri khas atau sifat yang luhur....sementara Telepon rumah hanyalah sebuah benda....Telepon rumah bukanlah jati diri bangsa.....
sampe kini gw belum bisa memaknai iklan itu....yg gw tangkep adalah...Telkom ingin memanfaatkan momen hari kebangkitan nasional untuk mendongkrak penjualan atau pemasangan line telepon rumah baru...uhmmmm.....komersialisasi sebuah semangat juang.....
Iklan dicetak di harian Sumeks terbit tanggal 22 Mei '09

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini adalah blog Dofollow, tinggalkan pesan disini untuk mendapatkan Backlink...