16 Oktober 2012

Hawk jatuh di Riau, Wartawan yang disalahkan

Pesawat rongsokan Hawk 200 jatuh di Riau, tapi wartawan yang jadi sasaran. Kenapa bisa?

Hal ini menurut KSAU Imam Sufaat adalah prosedur keamanan yang harus diterapkan, ini cuplikan penjelasan dari beliau : ""Yang jatuh pesawat tempur. Kalau ternyata bawa bom lalu kena bom, gimana?" ujar KSAU, Imam Sufaat.".

Masih masuk akal bagi gw, namun jika emang itu adalah upaya untuk menyelamatkan masyarakat dan wartawan dari ledakan bom dari Hawk tersebut tapi kenapa harus merampas kamera wartawan Riau Post dan wartawan TV One? Apakah kamera mereka juga dianggap akan jadi korban ledakan Bom? gak masuk akal kan?

Itu merupakan rahasia terbesar yang harus dijelaskan oleh TNI AU karena mau gak mau masyarakat berhak untuk mengetahui berita yang terjadi di Republik ini apapun alasannya.

Namun bagi saya yang sangat disayangkan adalah kekerasan yang dilakukan oleh salah satu Perwira TNI Au ini terjadi didepan anak-anak SD. Pertanyaannya adalah mengapa anak-anak SD tersebut tidak menjadi prioritas untuk diamankan terlebih dahulu dibandingkan orang dewasa lainnya? di poto terlihat anak-anak SD tersebut nampak santai dan tidak terlihat seperti mau diusir dari lokasi kejadian.

Apapun alasannya, kekerasan tetaplah kekerasan. Semua warga negara berhak dan dijamin dalam undang-undang untuk hidup nyaman serta aman. Kekerasan ini tidak bisa ditolerir dan tidak juga bisa dijadikan sebuah pembenaran. Undang-undang telah mengatur kebebasan Pers dan mengancam kurungan 2 tahun penjara atau denda 500 juta bagi siapa saja yang melawan hukum dengan sengaja dan melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3). Hal ini telah diatur dalam Undang-undang di pasal 18 ayat (1).

Kita sadar kok bahwa Alutsista TNI Au kita emang banyak yang rongsokan, kenapa harus ditutup-tutupi? apa bisa satu orang perwira mampu membendung wartawan atau masyarakat seIndonesia untuk tahu jatuhnya Hawk? bangkai pesawat segede gitu mau ditutupin pake terpal biar orang ga liat? kebanyakan nonton MIB tuh tentara.....

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini adalah blog Dofollow, tinggalkan pesan disini untuk mendapatkan Backlink...