03 Oktober 2012

Satu gedung dengan 3 perbedaan waktu

















Khalifa Tower of Dubai atau Burj al-Khalifah di Dubai merupakan satu-satunya gedung yang memberikan aturan secara resmi tersendiri mengenai waktu berbuka puasa dan sahur. Di gedung tertinggi di dunia yang tingginya sampe 828 meter itu, waktu buka dan sahurnya berbeda-beda sesuai dengan ukuran ketinggiannya.

Kementrian Urusan Islam dan Amal Sosial di Emirat Dubai memberikan kejelasan dan jadwal imsakiyyah (berbuka dan bersahur) khusus bagi para penghuni Khalifa Tower. Dalam jadwal tersebut dijelaskan, jika penghuni lantai 1 sampai lantai 80 berbuka pada jam 19.00 waktu setempat, maka penguni lantai 81 sampai 150 berbuka dua menit kemudian (19.02), disusul dengan penghuni lantai 151 sampai 160, yang berbuka tiga menit berikutnya (19.05).

Dijelaskan oleh keterangan tersebut, sebab utama perbedaan waktu imsakiyyat bagi para penghuni gedung tersebut adalah jarak matahari ketika terbit dan tenggelam. Bagi tingkat paling bawah, matahari terbenam lebih awal, sementara bagi tingkat tertinggi lebih terlambat lima menit.



0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini adalah blog Dofollow, tinggalkan pesan disini untuk mendapatkan Backlink...