21 Oktober 2012

Ternyata FB sengaja membuat akun kita di Hack orang

Judul yang sangat profokatif, namun begitulah adanya.
Daku menuding facebook memang sengaja membiarkan akun kita mudah untuk diretas, begini penjelasannya :

Gw bisa pastikan hampir 70% akun facebook yang diretas oleh orang jahat baik yang bertujuan iseng ataupun digunakan lagi untuk kejahatan seperti dikasus http://www.meletekdewek.com/2012/10/dialog-dengan-tikus-internet.html ini, adalah melalui tekhnik memanfaatkan ketidak tahuan pelaku dalam menerapkan pertanyaan keamanan.

Begini kisahnya, pernahkan kamu disuruh fb bikin pertanyaan keamanan agar kelak kamu lupa masuk ke fb kamu maka pertanyaan keamanan tersebut dapat digunakan untuk masuk keakun kamu? nah justru disinilah letak kelemahan sistem keamanan yang diterapkan oleh facebook terhadap user-usernya.

Membuat pertanyaan keamanan "dimanakah ibu anda dilahirkan?" atau "siapa nama hewan peliharaan anda?" adalah hal terkonyol yang dilakukan user terhadap akunnya, hal ini sama saja mengumumkan apa  password anda ke publik. Hal ini pernah saya alami sendiri, dulu password gw pernah di hack orang hanya dengan tekhnik menjawab pertanyaan keamanan yang telah gw buat tersebut. Jujur aja gw udah berpikiran dan menyalahkan sebuah Keylogger yang telah ditanamakan ke sistem gw, tapi itu salah besar. Gw gak kepikiran sesederhana itu.

Dan parahnya lagi, sekali lu bikin pertanyaan keamanan maka selamanya tidak dapat diubah lagi, dulu masih bisa diubah dengan masuk ke http://www.facebook.com/hacked tapi setelah gw cek smalem tekhnik itu tidak bisa lagi diterapkan.

Tapi pihak facebook menganjurkan kepada user untuk menerapkan izin masuk via sms ke ponsel kamu, jadi ketika ada sistem operasi apapun yang tidak dikenali mencoba masuk ke akun facebook kamu maka facebook akan segera mengirimkan kode masuk via sms di ponsel kamu.

Nah justru disinilah letak kenapa facebook seolah membiarkan akun usernya yang belum menambahkan nomor ponsel di fbnya rentan diretas orang, tujuannya adalah memaksa kita untuk menambahkan nomor ponsel ke fb kita. Hal ini bukan untuk menjaga server facebook agar nggak over Capacity, karena mustahil hal itu bisa terjadi, sebagai pengetahuan kamu saja bahwa server facebook itu dijalankan oleh 180.900 dengan konsumsi daya sebesar 509 juta kilo watt..! bahkan facebook berencana akan membangun gudang servernya yang baru di kutub utara agar servernya gak panas, nah seperti inilah salah satu bentuk server facebook itu :



Nah jadi mustahil bangetkan facebook akan over capacity meskipun penggunannya telah melebihi 1 milyar users.

Kembali ke topik, facebook menerapkan usernya memasang keamanan via ponsel bertujuan agar menekan jumlah user facebook palsu atau bukan milik orang sebenarnya yang tentunya juga akan menekan jumlah scam yang terjadi di dunia facebook. Ingat kenapa Friendster tenggelam? karena orang termasuk saya capek dengan scam-scam di friendster.

Andai saja satu orang memiliki 2 ponsel dan digunakan untuk 2 akun facebook juga, tentunya akan jauh lebih baik daripada satu orang yang bisa dengan aman memiliki 10 akun sekaligus di facebook bukan?...

2 komentar:

  1. Terus gimana cara mencegah akun fb kita di hack gan ?

    BalasHapus
  2. silahkan kunjungi juga website saya yg khusus membahas soal itu di : http://detektifmaya.blogspot.com/ disana diulas lengkap soal keamanan serta daftar2 penipu online

    BalasHapus

Blog ini adalah blog Dofollow, tinggalkan pesan disini untuk mendapatkan Backlink...